Sejarah Java

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - April 13, 2013
Sebelum belajar bahasa pemrograman Java, alangkah baiknya kita mengetahui Sejarah Java, dan bagaimana asal-usulnya. Maka dari itu pada postingan pertama ini saya menyampaikan sedikit sejarah singkat perkembangan Java.
Java

Java pertamakali dikembangkan pada tahun 1990-an oleh James gosling dari Sun Microsystems. Tujuan dikembangkannya bahasa pemrograman Java yaitu untk memenuhi kebutuhan akan suatu bahasa komputer yang ditulis satu kali tetapi bisa dijalankan di banyak komputer.
Java merupakan bahasa pemrograman yang banyak disukai orang karena konsep pemrogramannya yang konsisten dengan teori orientasi objek serta aman untuk digunakan,Java mempunyai keunggulan diantaranya adalah sederhana, berorientasi objek, terdistribusi, aman, netral arsitektur, portable, interpreter, powerfll, multithreading dan dinamis
Dari awal dikembangkan hingga saat ini java memiliki tujuh generasi.
Sejak generasi kedua java terbagi menjadi 3 kategori/paket yaitu:
1. J2EE (Java 2 Enterprise Edition)
J2EE biasa dipakai pada pemrograman aplikasi server, aplikasi berbasis web server.
2. J2SE (Java 2 Standard Edition)
J2SE merupakan paket yang banyak dipakai pada pembuatan aplikasi desktop.
3. J2ME (Java 2 Micro Edition)
Biasa dipakai untuk pembuatan aplikasi pada wireless device atau mobile device.
Pada bulan Juni 1991, James Gosling, Mike Sherdian, dan Patrick Naghton memulai proyek bahasa pemrograman Java. Mulanya Bahasa pemrograman ini diberi nama Oak yang berarti sebuah pohon "ek" yang berada di luar kantor James gosling pada waktu itu.
Mulai tanggal 13 November 2006, Sun Microsystem meluncurkan bahasa pemrograman Java sebagai bahasa pemrograman open source di bawah ketentuan GNU General Public License (GPL).
Pada sekitar tahun 2009-2010 Sun Microsysem diakuisisi oleh Oracle Corporation dan sekaligus pengembangan bahasa java diteruskan oleh perusahaan ini.
Demikain penjelasan mengenai Sejarah Java, semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan anda.

Artikel Terkait