Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi Panjang

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 01, 2017
Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi Panjang - Saat ini android lagi naik daun, yang membuat orang ingin lebih mengetahui android, terlebih cara membuat aplikasi android. Dalam tuturial klai inilah saya akan memberikan tutorial membuat aplikasi android sederhana. Aplikasi tersebut berfungsi untuk menghitung luas persegi panjang sederhana.
Langsung saja bagi kalian yang ingin mengetahui cara membuat aplikasi android menghitung luas persegi panjang berikut ini caranya.
- Buka Eclipse (Baiknya pakai versi 3.5 Galileo).
- Buatlah  new Project, kemudian Pilih Android Project.
Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi

- Keterangan Project isilah seperti pada gambar berikut ini.
Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi

Ketika project pertama kalinya dibuat terdapat 3 file penting yang terbuat, file itu adalah
• main.xml
• string.xml
• HitungPersegiPanjang.java
Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi

- Pada file main.xml lakukan pengeeditan
Sebelumnya saya berikan penjelasan terlebih dahulu tentang file main.xml. file main.xml merupakan file menggunakan format bahasa xml yang dipakai untuk menggambar layout serta user interface pada android.
Ketikkan script seperti berikut ini apda file main.xml.
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"

    android:orientation="vertical"
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="fill_parent"
    >

<TextView
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="wrap_content"
    android:text="@string/hello"
    />
<TextView android:text="Panjang :" android:id="@+id/TextView01" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content"></TextView>
<EditText android:text="" android:id="@+id/txtPanjang" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:inputType="numberSigned|numberDecimal"></EditText>

<TextView android:text="Lebar :" android:id="@+id/TextView02" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content"></TextView>
<EditText android:text="" android:id="@+id/txtLebar" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:inputType="numberSigned|numberDecimal"></EditText>
<Button android:text="Hitung Luas" android:id="@+id/btnHitung" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:onClick="hitungLuas"></Button>
<TextView android:text="Luas :" android:id="@+id/TextView03" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" ></TextView>
<EditText android:text="" android:id="@+id/txtLuas" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:editable="false"></EditText>
</LinearLayout>
Dalam aplikasi yang kita buat ini memakai LinearLayout dengan orientasi vertical, yang artinya setiap project yang kita gambar tersususn secara vertical (satu baris satu object).
Pada bagian ini silahkan diperhatikan
<TextView
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="wrap_content"
    android:text="@string/hello"
    />
Itu maksudnya TextView isi textnya diperoleh dari variabel hello pada bagian file string.xml.
- Pada file string.xml lakukanlah pengeditan.
Sedikit kami berikan penjelasan tentang file string.xml. file string.xml merupakan file pembantu file main.xml supaya file main.xml terlihat rapi dan tidak begitu panjang serta mempermudah kita pada saat membacanya. Maka kita dapat membuat sting object di file sting.xml, dari file main.xml tinggal memanggil namenya.

Selanjutnya kita buka file string.xml, kemudian ketiklah kode berikut ini.
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>
    <string name="hello">Isi Nilai Panjang dan Lebar lalu klik Hitung Luas !</string>
    <string name="app_name">Persegi Panjang</string>
</resources>
Perhatikanlah disitu ada hello, jadi jika dijalankan TextView di main.xml akan tampil tulisan “Isi Nilai Panjang dan Lebar lalu klik Hitung Luas !”.
Pada aplikasi ini kita menggunakan 3 object untuk user interfacenya yaitu TextView, EditText dan Button.

Object
Fungsi
TextView
Berfungsi untuk menampilkan tulisan pada layar, seperi halnya label pada SWING,
EditLabel
Berfungsi untuk memasukkan data, seperti halnya TextBox pada SWING
Button
Berfungsi untuk menjalanakan sebuah fungsi, seperti halnya button pada SWING
- Pada file HitungPersegiPanjang.java lakukanlah pengeditan
Penjelasan: File HitungPersegiPanjang.java merupakan file utama, yang akan berjalan ketika aplikasi dijalankan. Pada file ini, dibuat untuk bisa membaca data yang dimasukan oleh user, dalam hal ini masukan tersebut panjang dan lebar, lalu menghitungnya dan hasilnya ditampilkan.
Bukalah file HitungPersegiPanjang.java lalu ketiklah kode berikut ini.
package com.agus;


import android.app.Activity;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
import android.widget.Button;
import android.widget.EditText;

public class HitungPersegiPanjang extends Activity {
    private EditText txtPanjang;
    private EditText txtLebar;
    private EditText txtLuas;
    private Button btnHitung;

    /**
     * Method yang dipanggil pada saat applikaasi dijalankan
     * */
    @Override
    public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {

        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.main);
        txtPanjang = (EditText) findViewById(R.id.txtPanjang);
        txtLebar = (EditText) findViewById(R.id.txtLebar);
        txtLuas = (EditText) findViewById(R.id.txtLuas);
        btnHitung = (Button) findViewById(R.id.btnHitung);

    }

    /**
     * Method untuk Menghitung Luas Persegi panjang dipanggil pada saat button
     * Hitung Luas diklik
     *
     * @param view
     */
    public void hitungLuas(View view) {
        try {

            int panjang = Integer.parseInt(txtPanjang.getText().toString());
            int lebar = Integer.parseInt(txtLebar.getText().toString());
            int luas = panjang * lebar;
            txtLuas.setText(String.valueOf(luas));
        } catch (Exception e) {
            e.printStackTrace();
        }
    }
}

Ketika aplikasi dijalankan, method onCreate adalah method yang pertama kali dipanggil.
Kode di bawah ini, silahkan diperhatikan
txtPanjang = (EditText) findViewById(R.id.txtPanjang);
kode tersebut dipakai supaya kita dapat memanipulasi pada objecct txt panjang yang kita gambar pada file main.xml.
Perhatikan kode berikut ini pada file main.xml
<Button android:text="Hitung Luas" android:id="@+id/btnHitung" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:onClick="hitungLuas"></Button>
Itu maksudnya jika kita menekan tombol Hitung Luas, maka method hitungLuas akan terpanggil.
- Jalankan Project, cara menjalankan klik kanan pada project PersegiPanjang, kemudian pilih Run As lalu pilih Run Configuration. Isilah keterangan seperti berikut ini. Setelah itu klik Run.
Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi

Maksudnya supaya aplikasi langsung berjalan pada emulator android.
Log yang terdapat di jendela console silahkan diperhatikan.
Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi

Itu adalah penjelasan proses yang berlangsung pada emulator android.
Maka Start Up Emulator akan berjalan.
Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi

Emulator Android telah siap untuk menjalankan program.
Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi

Tombol menu silahkan ditekan, maka project PersegiPanjang akan berjalan.
Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi

Masukan nilai panjang dan lebar pada aplikasi untuk dihitung luasnya.
Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi

Tombol Hitung Luas silahkan ditekan.
Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi

Kita tekan tombol escape pada keyboard untuk menutup aplikasi, karena kita belum membuat button close.
Apabila ingin menjalankan aplikasi persegi panjang lagi, tekan tombol menu lalu pilih icon Persegi Panjang.
Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi

Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi

Itulah tutorial dari kami tentang membuat aplikasi android menghitung luas persegi panjang, semoga dapat menambah pengetahuan kita dalam belajar android.

Artikel Terkait