Membuat Aplikasi Android Menghitung Luas Persegi Panjang - Saat ini android lagi naik daun, yang membuat orang ingin lebih mengetahui android, terlebih cara membuat aplikasi android. Dalam tuturial klai inilah saya akan memberikan tutorial membuat aplikasi android sederhana. Aplikasi tersebut berfungsi untuk menghitung luas persegi panjang sederhana.
Langsung saja bagi kalian yang ingin mengetahui cara membuat aplikasi android menghitung luas persegi panjang berikut ini caranya.
- Buka Eclipse (Baiknya pakai versi 3.5 Galileo).
- Buatlah new Project, kemudian Pilih Android Project.
Langsung saja bagi kalian yang ingin mengetahui cara membuat aplikasi android menghitung luas persegi panjang berikut ini caranya.
- Buka Eclipse (Baiknya pakai versi 3.5 Galileo).
- Buatlah new Project, kemudian Pilih Android Project.
- Keterangan Project isilah seperti pada gambar berikut ini.
Ketika project pertama kalinya dibuat terdapat 3 file penting yang terbuat, file itu adalah
• main.xml
• string.xml
• HitungPersegiPanjang.java
- Pada file main.xml lakukan pengeeditan
Sebelumnya saya berikan penjelasan terlebih dahulu tentang file main.xml. file main.xml merupakan file menggunakan format bahasa xml yang dipakai untuk menggambar layout serta user interface pada android.
Ketikkan script seperti berikut ini apda file main.xml.
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:orientation="vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
>
<TextView
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="@string/hello"
/>
<TextView android:text="Panjang :" android:id="@+id/TextView01" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content"></TextView>
<EditText android:text="" android:id="@+id/txtPanjang" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:inputType="numberSigned|numberDecimal"></EditText>
<TextView android:text="Lebar :" android:id="@+id/TextView02" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content"></TextView>
<EditText android:text="" android:id="@+id/txtLebar" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:inputType="numberSigned|numberDecimal"></EditText>
<Button android:text="Hitung Luas" android:id="@+id/btnHitung" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:onClick="hitungLuas"></Button>
<TextView android:text="Luas :" android:id="@+id/TextView03" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" ></TextView>
<EditText android:text="" android:id="@+id/txtLuas" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:editable="false"></EditText>
</LinearLayout>
Dalam aplikasi yang kita buat ini memakai LinearLayout dengan orientasi vertical, yang artinya setiap project yang kita gambar tersususn secara vertical (satu baris satu object).
Pada bagian ini silahkan diperhatikan
<TextView
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="@string/hello"
/>
Itu maksudnya TextView isi textnya diperoleh dari variabel hello pada bagian file string.xml.
- Pada file string.xml lakukanlah pengeditan.
Sedikit kami berikan penjelasan tentang file string.xml. file string.xml merupakan file pembantu file main.xml supaya file main.xml terlihat rapi dan tidak begitu panjang serta mempermudah kita pada saat membacanya. Maka kita dapat membuat sting object di file sting.xml, dari file main.xml tinggal memanggil namenya.
Selanjutnya kita buka file string.xml, kemudian ketiklah kode berikut ini.
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>
<string name="hello">Isi Nilai Panjang dan Lebar lalu klik Hitung Luas !</string>
<string name="app_name">Persegi Panjang</string>
</resources>
Perhatikanlah disitu ada hello, jadi jika dijalankan TextView di main.xml akan tampil tulisan “Isi Nilai Panjang dan Lebar lalu klik Hitung Luas !”.
Pada aplikasi ini kita menggunakan 3 object untuk user interfacenya yaitu TextView, EditText dan Button.
Object
|
Fungsi
|
TextView
|
Berfungsi untuk menampilkan
tulisan pada layar, seperi halnya label pada SWING,
|
EditLabel
|
Berfungsi untuk memasukkan data, seperti
halnya TextBox pada SWING
|
Button
|
Berfungsi untuk menjalanakan
sebuah fungsi, seperti halnya button pada SWING
|
Penjelasan: File HitungPersegiPanjang.java merupakan file utama, yang akan berjalan ketika aplikasi dijalankan. Pada file ini, dibuat untuk bisa membaca data yang dimasukan oleh user, dalam hal ini masukan tersebut panjang dan lebar, lalu menghitungnya dan hasilnya ditampilkan.
Bukalah file HitungPersegiPanjang.java lalu ketiklah kode berikut ini.
package com.agus;
import android.app.Activity;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
import android.widget.Button;
import android.widget.EditText;
public class HitungPersegiPanjang extends Activity {
private EditText txtPanjang;
private EditText txtLebar;
private EditText txtLuas;
private Button btnHitung;
/**
* Method yang dipanggil pada saat applikaasi dijalankan
* */
@Override
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.main);
txtPanjang = (EditText) findViewById(R.id.txtPanjang);
txtLebar = (EditText) findViewById(R.id.txtLebar);
txtLuas = (EditText) findViewById(R.id.txtLuas);
btnHitung = (Button) findViewById(R.id.btnHitung);
}
/**
* Method untuk Menghitung Luas Persegi panjang dipanggil pada saat button
* Hitung Luas diklik
*
* @param view
*/
public void hitungLuas(View view) {
try {
int panjang = Integer.parseInt(txtPanjang.getText().toString());
int lebar = Integer.parseInt(txtLebar.getText().toString());
int luas = panjang * lebar;
txtLuas.setText(String.valueOf(luas));
} catch (Exception e) {
e.printStackTrace();
}
}
}
Ketika aplikasi dijalankan, method onCreate adalah method yang pertama kali dipanggil.
Kode di bawah ini, silahkan diperhatikan
txtPanjang = (EditText) findViewById(R.id.txtPanjang);
kode tersebut dipakai supaya kita dapat memanipulasi pada objecct txt panjang yang kita gambar pada file main.xml.
Perhatikan kode berikut ini pada file main.xml
<Button android:text="Hitung Luas" android:id="@+id/btnHitung" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:onClick="hitungLuas"></Button>
Itu maksudnya jika kita menekan tombol Hitung Luas, maka method hitungLuas akan terpanggil.
- Jalankan Project, cara menjalankan klik kanan pada project PersegiPanjang, kemudian pilih Run As lalu pilih Run Configuration. Isilah keterangan seperti berikut ini. Setelah itu klik Run.
Maksudnya supaya aplikasi langsung berjalan pada emulator android.
Log yang terdapat di jendela console silahkan diperhatikan.
Itu adalah penjelasan proses yang berlangsung pada emulator android.
Maka Start Up Emulator akan berjalan.
Emulator Android telah siap untuk menjalankan program.
Tombol menu silahkan ditekan, maka project PersegiPanjang akan berjalan.
Masukan nilai panjang dan lebar pada aplikasi untuk dihitung luasnya.
Tombol Hitung Luas silahkan ditekan.
Kita tekan tombol escape pada keyboard untuk menutup aplikasi, karena kita belum membuat button close.
Apabila ingin menjalankan aplikasi persegi panjang lagi, tekan tombol menu lalu pilih icon Persegi Panjang.
Itulah tutorial dari kami tentang membuat aplikasi android menghitung luas persegi panjang, semoga dapat menambah pengetahuan kita dalam belajar android.