Pembahasan kali ini adalah praktek membuat Program hitung dengan menerapkan Inheritance dan Polymorphism. Pada saat menerpakan Inheritance, maka pasti akan menggunakan Polymorphism.
1. Anda buat project baru dengan pilihan kategori Java Aplication, kemudian beri nama InheritancePolymorphism.
2. Buat Java Class caranya klik kanan pada project kemudian pilih New > Java Class, beri nama InheritancePolymorphism.
3. Kemudian buat 2 Java Class lagi beri nama: angka dan hitung.
4. Buka class angka, kemudian pada awal kode ketikkan kode: import javax.swing.JOptionPane;
2. Buat Java Class caranya klik kanan pada project kemudian pilih New > Java Class, beri nama InheritancePolymorphism.
3. Kemudian buat 2 Java Class lagi beri nama: angka dan hitung.
4. Buka class angka, kemudian pada awal kode ketikkan kode: import javax.swing.JOptionPane;
5. Selanjutnya dibawah kode public class angka{ anda ketikkan kode:
float nilai1;
float nilai2;
float nilai1;
float nilai2;
6. Kemudian di bawah kode langkah no. 5 ketikkan kode berikut ini:
public angka(float a,float b){
nilai1=a;
nilai2=b;
}
public angka(float a,float b){
nilai1=a;
nilai2=b;
}
7. Selanjutnya di bawah kode langkah no 6. Ketikkan kode berikut ini:
public void tambah(){
float tambah1,tambah2,hasiltambah;
tambah1=nilai1;
tambah2=nilai2;
hasiltambah=(float)tambah1+tambah2;
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hasil Penjumlahan "+tambah1+" + "+tambah2+" = "+hasiltambah);
}
public void kurang(){
float kurang1,kurang2,hasilkurang;
kurang1=nilai1;
kurang2=nilai2;
hasilkurang=(float)kurang1-kurang2;
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hasil Pengurangan "+kurang1+" - "+kurang2+" = "+hasilkurang);
}
public void kali(){
float kali1,kali2,hasilkali;
kali1=nilai1;
kali2=nilai2;
hasilkali=(float)kali1*kali2;
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hasil Perkalian "+kali1+" X "+kali2+" = "+hasilkali);
}
public void bagi(){
float bagi1,bagi2,hasilbagi;
bagi1=nilai1;
bagi2=nilai2;
hasilbagi=(float)bagi1/bagi2;
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hasil Pembagian "+bagi1+" / "+bagi2+" = "+hasilbagi);
}
public void tambah(){
float tambah1,tambah2,hasiltambah;
tambah1=nilai1;
tambah2=nilai2;
hasiltambah=(float)tambah1+tambah2;
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hasil Penjumlahan "+tambah1+" + "+tambah2+" = "+hasiltambah);
}
public void kurang(){
float kurang1,kurang2,hasilkurang;
kurang1=nilai1;
kurang2=nilai2;
hasilkurang=(float)kurang1-kurang2;
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hasil Pengurangan "+kurang1+" - "+kurang2+" = "+hasilkurang);
}
public void kali(){
float kali1,kali2,hasilkali;
kali1=nilai1;
kali2=nilai2;
hasilkali=(float)kali1*kali2;
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hasil Perkalian "+kali1+" X "+kali2+" = "+hasilkali);
}
public void bagi(){
float bagi1,bagi2,hasilbagi;
bagi1=nilai1;
bagi2=nilai2;
hasilbagi=(float)bagi1/bagi2;
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hasil Pembagian "+bagi1+" / "+bagi2+" = "+hasilbagi);
}
Keterangan Kode:
- Method tambah (public void tambah) berfungsi untuk menghitung proses dan hasil penjumlahan.
- Method kurang (public void kurang) berfungsi untuk menghitung proses dan hasil pengurangan.
- Method kali (public void kali) berfungsi untuk menghitung proses dan hasil perkalian.
- Method bagi (public void bagi) berfungsi untuk menghitung proses dan hasil pembagian.
8. Buka class hitung, kemudian ubah baris kode public class hitung{ menjadi public class hitung extends angka{
- Method tambah (public void tambah) berfungsi untuk menghitung proses dan hasil penjumlahan.
- Method kurang (public void kurang) berfungsi untuk menghitung proses dan hasil pengurangan.
- Method kali (public void kali) berfungsi untuk menghitung proses dan hasil perkalian.
- Method bagi (public void bagi) berfungsi untuk menghitung proses dan hasil pembagian.
8. Buka class hitung, kemudian ubah baris kode public class hitung{ menjadi public class hitung extends angka{
9. Selanjutnya anda ubah parameter constructor class hitung menjadi seperti ini:
public hitung(float nilai1,float nilai2){
super(nilai1,nilai2);
}
public hitung(float nilai1,float nilai2){
super(nilai1,nilai2);
}
Keterangan kode:
Baris ke 1: Constructor hitung dengan variable sama seperti pada deklarasi class angka.
Baris ke 2-3: Inheritance variable nilai1 dan nilai2 dari class angka (“coba anda lihat kembali deklarasi variable pada class angka”).
10. Langkah berikutnya ketikkan kode perintah berikut ini di bagian bawah kode pada langkah no. 9:
public void hitungsemua(){
super.tambah();
super.kurang();
super.kali();
super.bagi();
}
Baris ke 1: Constructor hitung dengan variable sama seperti pada deklarasi class angka.
Baris ke 2-3: Inheritance variable nilai1 dan nilai2 dari class angka (“coba anda lihat kembali deklarasi variable pada class angka”).
10. Langkah berikutnya ketikkan kode perintah berikut ini di bagian bawah kode pada langkah no. 9:
public void hitungsemua(){
super.tambah();
super.kurang();
super.kali();
super.bagi();
}
Keterangan Kode:
Pada baris ke 1: Method dengan nama hitungsemua.
Pada baris ke2-6: Inheritance Method tambah(), kurang (), kali(), bagi() dari class angka (“coba Anda lihat kembali Method pada class angka”
11. Sekarang buka class InheritancePolymorphism. Di bagian awal kode tambahkan kode perintah: import javax.swing.JOptionPane;
Pada baris ke 1: Method dengan nama hitungsemua.
Pada baris ke2-6: Inheritance Method tambah(), kurang (), kali(), bagi() dari class angka (“coba Anda lihat kembali Method pada class angka”
11. Sekarang buka class InheritancePolymorphism. Di bagian awal kode tambahkan kode perintah: import javax.swing.JOptionPane;
12. Di bawah kode
public InheritancePolymorphism() {
}
Ketikkan kode berikut ini:
public static void main (String[] args){
float input1=Float.valueOf(JOptionPane.showInputDialog("Inputkan Nilai 1 = "));
float input2=Float.valueOf(JOptionPane.showInputDialog("Inputkan Nilai 2 = "));
hitung total=new hitung(input1,input2);
total.hitungsemua();
}
public InheritancePolymorphism() {
}
Ketikkan kode berikut ini:
public static void main (String[] args){
float input1=Float.valueOf(JOptionPane.showInputDialog("Inputkan Nilai 1 = "));
float input2=Float.valueOf(JOptionPane.showInputDialog("Inputkan Nilai 2 = "));
hitung total=new hitung(input1,input2);
total.hitungsemua();
}
Keterangan:
Pada baris ke 1-3: Input nilai1 dan nilai2 dengan JOptionPane.
Pada baris ke 4: Mengeksekusi Constructor hitung dengan menginputkan nilai 1 dan nilai 2 dari JOptionPane.
Pada baris ke 5-6: Mengeksekusi Method hitung semua.
13. Coba compile dan jalankan program.
14. Masukkan nilai ke 1:
Pada baris ke 1-3: Input nilai1 dan nilai2 dengan JOptionPane.
Pada baris ke 4: Mengeksekusi Constructor hitung dengan menginputkan nilai 1 dan nilai 2 dari JOptionPane.
Pada baris ke 5-6: Mengeksekusi Method hitung semua.
13. Coba compile dan jalankan program.
14. Masukkan nilai ke 1:
15. Masukkan nilai ke 2:
16. Maka hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian akan ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini:
Baca juga artikel yang berjudul: Membuat Program Penghitung Luas dan Keliling Persegi Panjang menggunakan fungsi Constructor.
Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Program hitung dengan menerapkan Inheritance dan Polymorphism, semoga dapat bermanfaat.
Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Program hitung dengan menerapkan Inheritance dan Polymorphism, semoga dapat bermanfaat.